--> Skip to main content

Fungsi dan Jenis Tabulasi pada Microsoft Word

Pada Keyboard Laptop atau PC pasti anda menemukan dan mengenal tombol Tabulasi/Tab Stop Pasition atau yang lebih kita kenal dengan singkatan Tab, tombol inilah yang kita gunakan untuk memindahkan Kursor pada lembar kerja Microsoft Word dengan jarak lompatan yang bisa kita tentukan sesuai keinginan kita.

Tabulasi diartikan sebagai salah satu fungsi untuk mengatur penempatan posisi dan perataan Teks dalam sebuah Kalimat atau Paragraf sehingga Kalimat atau Paragraf tersebut menjadi tersusun rapi dan sejajar. Tabulasi ini hampir sama dengan spasi, Cuma perbedaannya, kalau Tabulasi jarak lompatan dari satu titik ke titik lainnya bisa kita tentukan dengan memanfaatkan Icon-icon Tab sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita, sedangkan spasi sudah ditentukan.

Jenis jenis Tab bisa kita temukan pada pojok kiri atas lembar kerja sejajar dengan Ruler atau Mistar, untuk memilih jenis jenis Tab tersebut tinggal kita klik-klik saja Icon tersebut sampai kita temukan jenis yang kita butuhkan, setelah memilih jenis tab kemudian kita masukkan pada Ruler/Mistar dengan cara klik sampai muncul simbol Tab, secara otomatis ketika menekan tombol Tab pada Keyboard maka Kursor akan melompat ke titik Tab yang sudah kita buat tadi. Dan untuk menghilangkan titik Tab pada Ruler tinggal Klik tekan dan geser ke bawah, maka Icon Tab akan hilang.

Berikut ini merupakan jenis-jenis dan fungsi dari masing-masing icon Tab yang tersedia di Microsoft Word :

1. Left Tab (Tabulasi kiri)

Untuk meratakan teks disebelah kiri yang letaknya sebaris.

2. Center Tab (Tabulasi tengah)

Untuk memberikan efek rata tengah pada teks yang letaknya sebaris.

3. Right Tab (Tabulasi kanan)

Untuk meratakan teks disebelah kanan pada teks yang letaknya sebaris. 

4. Decimal Tab

Untuk memberikan efek rata tengah berdasarkan letak tanda desimal/tanda koma ( , ) pada teks yang letaknya sebaris.

5. Bar Tab

Untuk membuat garis vertikal/tegak pada teks yang letaknya sebaris.

6. First Line Indent

Untuk membuat garis baru pada awal paragraf (Teks masuk kedalam). Jadi untuk mengawali baris baru pada paragraf cukup menggeser tab ini ke arah kanan di Ruler.

7. Hanging Indent

Untuk memberikan perataan kiri pada keseluruhan teks dalam satu paragraf kecuali awal Kalimat.

8. Left Indent

Untuk memberikan efek perataan kiri pada seluruh kalimat atau paragraf.

8. Right Indent

Untuk memberikan efek perataan kanan pada seluruh kalimat atau paragraf.


Demikian Informasi tentang Fungsi dan Jenis Tabulasi pada Microsoft Word ini, semuga penjelasan singkat ini akan menambah wawasan kita semua dan menjadi Ilmu yang bermanfaat dan Barokah. Aamiin ya Rabbal 'alamiin...

TONTON VIDEONYA

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar