--> Skip to main content

Cara Membuat Kolom Yang Berbeda Dalam Satu File di Word

Microsoft Word memiliki banyak fungsi untuk kebutuhan kita dalam membuat Dokumen seperti surat menyurat, membuat makalah dan berbagai macam tulisan lainnya. Hal tersebut ditunjang dengan banyak fungsi yang disediakan oleh Microsoft Word sehingga memudahkan kita dalam membuat tulisan agar lebih rapi dan baik.

Salah satunya adalah Fungsi pengaturan kolom Teks untuk membagi tulisan menjadi 2 kolom atau lebih dalam satu lembar kerja, dengan adanya fungsi ini tulisan akan terlihat lebih simple seperti format penulisan pada Majalah dan Koran.

Dan pada Artikel kali ini Admin akan menjelaskan bagaiman cara membuat jumlah kolom yang berbeda pada satu file di Microsoft Word seperti pada Gambar di bawah ini.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan walaupun sebetulnya sama yaitu memanfaatkan fungsi Columns yang ada pada group Page Setup di Tab Page layout

Cara pertama

  1. Buat tulisannya pada lembar kerja baru terlebih dulu  (misal ada 6 Paragraf)
  2. Blok Paragraf pertama dan kedua kemudian pada tab Page Layout ---> Colomns ---> pilih yang dua kolom (misal), maka Paragraf yang pertama dan kedua akan menjadi dua kolom
  3. Untuk Paragraf ketiga kita biarkan saja satu kolom (secara default untuk lembar kerja Microsoft Word satu kolom)
  4. Dan untuk Paragraf keempat dan kelima kita blok lagi, lakukan seperti pada langkah 2, pilihlah yang tiga kolom (misal) maka Paragraf yang keempat dan kelima akan menjadi tiga kolom

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini…

Cara kedua

  1. Buka lembar kerja baru
  2. Lakukan setting kolom dengan cara pilih tab Page Layout ---> Colomns dan pilih yang dua kolom (misalnya)
  3. Tekan Enter sampai posisi kursor berada pada tempat yang diinginkan
  4. Pilih tab Page Layout ---> Colomns ---> More Colomns
  5. Setelah muncul kotak dialog Colomns pilih yang tiga kolom (misal), pada Apply to pilih This Point Forward kemudian klik Ok
  6. Untuk setting kolom selanjutnya lakukan hal yang sama seperti langkah 3,4 dan 5.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini…

Akan tetapi untuk cara yang kedua ini ada kelemahannya yang mungkin tidak kita inginkan yaitu, ketika kita melukukan penulisan kolom tersebut akan berubah jarak tingginya secara otomatis sehingga tidak akan sesuai lagi dengan penempatan kursor yang kita lakukan sebelumnya.

Menurut hemat Admin lebih bagus menggunakan cara yang pertama, yaitu buat tulisan terlebih dulu beru kita setting kolomnya.

Demikian tutorial Cara membuat jumlah kolom Teks yang berbeda dalam satu File, semuag bermanfaat. Aamiin…

SILAHKAN SIMAK TUTORIAL VIDEONYA

youtube image


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar