--> Skip to main content

Mengenal Icon Tab Menu Design dan Fungsinya pada Microsoft PowerPoint 2016


Pada Postingan sebelumnya kita telah belajar/mengenal tentang tampilan Microsoft PowerPoint 2016 beserta fungsinya, dan untuk Materi/Postingan kali ini saya akan memperkenalan bagian-bagian Menu Bar yang terdiri dari Home, Insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, dan View secara lebih spesifik.

Untuk bagian KETIGA ini yaitu tentang Tab Menu Design yang terdiri dari Tiga Group yaitu, Themes, Variants  dan Customize seperti pada gambar di bawah ini.


Themes

Pada group Themes ini berisi beberapa tema atau template yang sudah di sediakan oleh Powerpoint yang dapat kita pilih sesuai keinginan dan kita terapkan ke halaman slide.

Ketika kita klik pada bagian anak panah ke bawah di bagian sisi kanan maka akan muncul beberapa pilihan warna background dan teks. Dan pada bagian bawahnya terdapat juga 2 perintah lainnya yaitu Browse for themes dan Save current themes.


NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Browse for themes Untuk memasukan tema atau template ke dalam halaman slide yang memiliki ekstensi “.ppt” atau “.pptx” yang bisa didapatkan di internet atau tema yang pernah disimpan sebelumnya
2 Save current themes Untuk menyimpan tema atau template pada halaman slide yang sedang dibuka ke dalam perangkat dengan format “.ppt” atau “.pptx” yang nantinya dapat digunakan lagi

Variants

Fungsi pada group ini dari icon ini adalah adalah untuk mengatur background atau latar belakang dari halaman slide yang sedang kita buka.

Kalau kita klik pada bagian anak panah ke bawah di bagian sisi kanan akan muncul beberapa perintah yaitu Colours, Font, Effects dan Background Styles.


NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Colours Untuk memilih warna background atau latar belakang yang kita inginkan
2 Font Untuk menentukan jenis atau format tulisan yang ingin kita gunakan
3 Effect Untuk memberikan effect tampilan pada background tampilan slide
4 Background Styles Untuk memilih gaya dan format warna untuk tampilan slide

Customize

Di group Custimize ini adalah untuk melakukan pengaturan lanjutan pada ukuran slide dan format background. Pada umumnya ukuran yang tersedia adalah 3 : 4 dan 16 : 9, namun kita masih bisa merubah sesuai ukuran yang kita inginkan.

Sedangkan untuk format background ada beberapa warna yang bisa kita pilih yaitu Solid, Gradient, ataupun Texture, disamping itu ada pilihan Hide Background Graphics yang jika kita ceklis maka secara otomatis background atau latar belakang pada halaman slide akan di sembunyikan sehingga hanya kelihatan teks nya saja.


NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Side Size Untuk mengatur ukuran panjang dan lebar dari halaman slide yang kita inginkan
2 Format Background Untuk melakukan pengaturan lanjutan pada background halaman slide

Demikian Pengenalan singkat tentang Icon Tab Menu Design dan Fungsinya pada Microsoft PowerPoint 2016 ini semuga bermanfaat. Aamiin...


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar