--> Skip to main content

Mengenal Tampilan dan Fungsinya pada Microsoft PowerPoint 2016


TAKNYANA.COM - Mengenal Tampilan dan Fungsinya pada Microsoft PowerPoint 2016 -
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau bisa juga kita mentebutnya PowerPoint saja merupakan sebuah program komputer untuk kegiatan presentasi yang telah dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket Aplikasi mereka yaitu Microsoft Office, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Access dan beberapa program lainnya. 

PowerPoint dioperasikan pada Komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, walaupun awal-awalnya Aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini banyak sekali digunakan, apalagi di kalangan perkantoran, pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. 

Aplikasi ini dimulai pada Microsoft Office versi 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office Power Point, Lalu pada Office 2013, namanya cukup disingkat menjadi PowerPoint.

Sejarah singkat tentang PowerPoint

Microsoft PowerPoint ini dikembangkan pertama kalinya oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin yang  merupakan Presenter untuk sebuah perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi PowerPoint

PowerPoint versi 1.0 dirilis Pada tahun 1987dengan Komputer yang didukungnya yaitu Apple Macintosh. Saat itu, PowerPoint masih menggunakan warna hitam/putih dan sudah mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Baru setahun kemudian, versi terbaru keluar  dengan dukungan warna.

Pada tanggal 31 Juli 1987 Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan tentunya perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Dan sejak tahun 1990-lah Power Point menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket Aplikasi Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Tampilan Antar Muka Microsoft Office PowerPoint 2016 tampak seperti Gambar di bawah ini


Ketika kita membuka Microsoft PowerPoint 2016 untuk pertama kalinya, maka akan muncul Start Screen yang terdiri dari 2 Panel. Panel yang pertama/sebelah kiri kita akan menemukan tab Home dimana isinya merupakan opsi untuk membuka Slide baru (Blank Presentatio/Slide kosong atau berupa Template yang disediakan oleh Microsoft) dan Slide yang dikerjakan sebelumnya, keduanya akan tampil pada panel/bagian sebelah kanan. Tab New adalah untuk membuak lembar kerja baru/Slide baru sedangkan tab Open adalah untuk membuka Slide yang dikerjakan atau disimpan sebelumnya.

Tab Account adalah untuk membuat akun pada MicrosoftPower Point dan tab Options adalah untuk melakukan pengaturan pada lembar kerja/Slide pada Microsoft PowerPoint.

Tampilan Lembar Kerja Microsoft Office PowerPoint 2016 tampak seperti Gambar di bawah ini


NO. NAMA FUNGSI/KEGUNAAN
1 Quick Access Toolbar Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah-perintah umum dengan cepat, secara default di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.
2 Title Bar Berfungsi menampilkan nama Slide yang sedang dibuka
3 Windows Control Berfungsi untuk Maximize (membuka tampila keseluruhan), Miniimize (mengecilkan tampilan), Close (menutup lembar kerja) dan Ribbon Display Option (berfungsi untuk meng hide atau memunculkan sub menu)
4 Menu Bar Berfungsi sebagai alat pengolah Slide, seperti yang terlihat di gambar, Menu bar memiliki beberapa bagian menu, diantaranya Home, Insert, Design, Transition, Amination,Slide Show, Review, dan View.
5 Ribbon Ribbon berisi semua perintah yang diperlukan untuk melakukan tugas umum di PowerPoint. ia memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah
6 Slide/Lembar Kerja Merupakan lembar kerja/Slide secara default ketika dibuka pertama kali
7 Top Vertical Scroll Bar jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja/Slide PowerPoint
8 Down Vertical Scroll Bar jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja/Slide PowerPoint
9 Notes and Comments Untuk menambah catatan dan komen
10 View Mode Tool Bar Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik
11 Zoom Control memberikan kontrol kepada penggunaan PowerPoint untuk memperbesar tampilan lembar kerja/Slide

Demikian dulu untuk postingan kali ini tentang Tampilan dan Fungsinya pada Microsoft PowerPoint 2016, semuga bisa difahami dan bisa bermanfaat. Aamiin...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar