--> Skip to main content

AGAR BISA MENULIS DAN MENAMPILKAN ANGKA ARAB DI EXCEL


Secara umum, kita yang hidup di negara tercinta Indonesia ini menggunakan Laptop atau PC dengan setingan regional dan bahada Inggris dan atau bahasa Indonesia. Nah karena inilah pas kita mengoperasikan Aplikasi Eexcel dan ingin menulis dan menampilkan angka Arab tidak bisa kita lakukan.

Pada postingan kali ini admin akan berbagi tutorial bagaimana cara menulis dan menampilkan angka Arab pada Aplikasi Microsoft Excel.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan sehingga kita bisa menulis dan menampilkan angka arab pada Microsoft Excel sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu :

Dengan setingan khusus pada Sel atau Range terpilih

  1. Seleksi /Blok sel atau Range yang kita inginkan
  2. Klik kanan pada sel atau range yang kita seleksi /blok tadi ---> Pilih Format Cell
  3. Setelah muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini silahkan pilih tab Number ---> Custome ---> ganti tulisan General dengan [$-2000000]-0 ---> klik Ok.

Mengubah Format Region Laptop atau PC ke bahasa Arab 

Untuk cara yang ke-dua ini silahkan ubah setingan Region dan Language di Control Panel ---> pilih Region and Language ---> di tab Format pilih bahasa Arab ---> klik Ok.

Setelah melakukan perubahan format pada Region and Language kita cukup merubah Alignment menjadi RTL (Right to Left) pada Sel atau Range terpilih di Microsoft Excel maka secara otomatis angka yang kita ketik menjadi angka Arab.

Demikianlah tutorial agar bisa menulis dan menampilkan angka Arab pada Microsoft Excel, semuga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin...

SIMAK JUGA VIDEONYA

youtube image 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar