--> Skip to main content

DOWNLOAD PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) PENDAFTARAN SISWA SPAN-PTKIN 2022


SPAN-PTKIN merupakan seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama. Adapun biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga para peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Definisi

Berikut beberapa definisi yang yang dapat dalam petunjuk teknis:

  • PTKIN adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terdiri dari Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
  • PTN adalah Perguruan Tinggi Negeri dengan izin Program Studi dikeluarkan oleh Kementerian Agama, yang terdiri dari Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi.
  • PDSS adalah Pangkalan Data Sekolah Siswa.
  • NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional.
  • NPSS adalah Nomor Pokok Sekolah Sementara.
  • NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional.
  • NISS adalah Nomor Induk Siswa Sementara.
  • KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal.
  • Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  • SPM adalah Satuan Pendidikan Mu’adalah.
  • PDF adalah Pendidikan Diniyah Formal.
  • PKPPS adalah Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah.

Ketentuan Umum

  1. Satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat telah melakukan finalisasi PDSS.
  2. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat telah di finalisasi oleh pihak Satuan Pendidikan asal siswa.
  3. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat mengetahui Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  4. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  5. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat memiliki email yang aktif dan dapat dihubungi.
  6. Siswa pada Satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat memiliki nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
  7. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat melakukan registrasi siswa secara mandiri pada laman https://siswa.span-ptkin.ac.id.
  8. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat memiliki rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1.
  9. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat meng-unggah rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 pada pada laman https://siswa.span-ptkin.ac.id.
  10. Siswa pada Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS sederajat wajib memilih 2 (dua) PTKIN/PTN dan di masing-masing Perguruan Tinggi memilih 2 (dua) Program Studi.
  11. Pendaftaran siswa dinyatakan selesai apabila siswa telah melakukan Finalisasi Pendaftaran Siswa.


Tata Cara Registrasi/Pendaftaran Akun Siswa

  1. Kunjungi laman https://siswa.span-ptkin.ac.id/
  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Tanggal Lahir dan Email Siswa Aktif.
  3. Buka email dari SPAN-PTKIN.

Tata Cara Login Siswa

  1. Kunjungi kembali laman https://siswa.span-ptkin.ac.id/
  2. Isikan NISN dan Password yang diperoleh dari email. Kemudian pilih
  3. Ubah Biodata. Setelah Login berhasil maka Siswa akan diarahkan pada laman Biodata. Cek kembali NISN, Nama, Sekolah, dan Jurusan. Jika ada kesalahan silahkan hubungi helpdesk dengan mencantumkan NPSN#NISN#Nama#Keluhan. Setelah data sesuai siswa dapat melanjutkan pengisian biodata siswa.
  4. .........
  5. .........
  6. dsb
Untuk selengkapnya tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Siswa SPAN-PTKIN 2022 baik melalui Website atau Aplikasi Android silahkan DOWNLOAD DI SINI.

>>>>>>> SEMUGA BERMANFAAT <<<<<<<

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar