--> Skip to main content

Download Juknis KSM Tahun 2022

Deras laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir kalangan masyarakat, terutama ekses negatif yang muncul  dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai  berpaling  dan   menaruh   harapan   besar   kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah  dapat  memberikan benteng  bagi  anak-anak  mereka  karena madrasah tidak  hanya  membekali ilmu   pengetahuan  dan  teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Indikator  paling tampak  dari kondisi tersebut  adalah semakin besar minat orang tua memasukkan putra-putri ke  madrasah.  Fakta ini  tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah yang harus dijawab dengan langkah-langkah konkret. Proses pembelajaran dan sarana pembelajaran di madrasah harus semakin ditingkatkan, ditunjang dengan guru-guru  madrasah yang juga harus  senantiasa  ditingkatkan kualifikasinya.  Selain itu,  guna meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dikembangkan/dibangun  kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dengan cara ini  maka madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan  dari  sekolah  umum,   bahkan  sangat  mungkin mengunggulinya.

Kompetisi Sains  Madrasah  (KSM)  merupakan  sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh  Kementerian  Agama sebagai   wahana membangun  ghirah kompetisi  sains  di  kalangan  siswa Madrasah.  Sejak awal digelar (tahun  2012),  KSM  telah menjadi  ajang yang positif dalam membangun  budaya  kompetis i dan  mulai tahun  2018  KSM  berupaya mengelaborasi sains dengan konteks  nilai-nilai Islam.  Integrasi  sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal sains  dalam  KSM  dielaborasi  dengan  konteks  yang  ada dalam Al Qur'an;
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang  ada dalam Islam semisal zakat, falak,  dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang  holistik;
  3. Soal   keilmuan  sains  mumi,   ini   dilakukan   sebagai  upaya  tetap menyejajarkan  siswa-siswa  madrasah  dengan siswa-siswa  olimpiade sains di madrasah.

Berdasarkan  dasar pemikiran di  atas,  Kementerian  Agama melalui Direktorat  Jenderal  Pendidikan Islam  pada  tahun  2022 kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu akan dimulai dari  KSM  tingkat  Satuan  Pendidikan,  KSM  tingkat kabupaten/kota, KSM tingkat provinsi hingga KSM tingkat Nasional.

KSM  tahun 2022  ini,  soal  akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,  atau Bahasa Arab.  Hal ini  merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi  dengan beberapa negara sahabat.  Penyelenggaraan  KSM tahun ini  sedikit berbeda dengan tahun 2021.

Bila tahun lalu,  KSM tingkat Kabupaten/Kota  dan  KSM   tingkat provinsi diselenggarakan secara daring penuh.  Pada  skema  ini, peserta mengikuti ujian dari tempat atau rumahnya masing-masing. 

 Pada tahun 2022, KSM akan diselenggarakan dengan skema yang berbeda. Pelaksanaan ujian  pada tingkat Kabupaten/Kota di Satuan Pendidikan masing-masing  atau   tempat   yang  ditentukan   oleh   komite kabupaten/kota, tingkat provinsi ditentukan  oleh komite provinsi. Sementara  itu,   KSM   tingkat  nasional  akan  diselenggarankan  secara terpusat di satu tempat yaitu DKI Jakarta.

Tujuan

Secara  umum  KSM Tahun  2022  bertujuan  untuk  memperteguh akhlak mulia,  kreatif,  inovatif,  berwawasan kebangsaan, cerdas,  sehat, disiplin serta menguasai ilmu  pengetahuan  dan teknologi.

Secara khusus tujuan KSM Tahun  2022 adalah:

  • Menyediakan  wahana  bagi siswa madrasah  untuk  mengembangkan bakat dan minat di bidang sains;
  • Memotivasi  siswa madrasah  agar selalu meningkatkan  kemampuan intelektual,  emosional,  dan spiritual berdasarkan  nilai-nilai agama;
  • Menumbuhkembangkan  budaya  kompetitif yang   sehat di  kalangan  siswa Madrasah;
  • Memberikan    kesempatan   menjadi    duta   Indonesia    yang   dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Bidang yang dilombakan


MI/SD MTs/SMP MA/SMA
Matematika Terintegrasi Matematika Terintegrasi Matematika Terintegrasi
IPA Terintegrasi IPA Terpadu Terintegrasi Biologi  Terintegrasi
IPS Terpadu Terintegrasi Fisika Terintegrasi
Kimia Terintegrasi
Ekonomi Terintegrasi
Geografi Terintegrasi

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Tahapan KSM Waktu Pelaksanaan Tempat
KSM Satuan Pendidikan 11-20 Juli 2022 Ditetapkan madrasah/ sekolah masing-masing
Pendataran KSM Kabupaten/Kota 13-26 Juli 2022 Di Satuan Pendidikan masing-masing melalui web https://ksm.kemenag.go.id
Ujicoba KSM Kabupaten/Kota 10-11 Agustus 2022 Di Satuan Pendidikan masing-masing atau tempat yang ditentukan olej Komite Kabupaten/Kota
KSM Kabupaten/Kota 13-14 Agustus 2022 Di Tempat yang ditentukan oleh Komite Kabupaten/Kota
Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota 18 Agustus 2022 https://ksm.kemenag.go.id
KSM Provinsi 10-11 September 2022 Di tempat yang ditentukan oleh Komite Provinsi
Pengumuman Pemenang KSM Provinsi 14 September 2022 https://ksm.kemenag.go.id
KSM Nasional 10-14 Oktober 2022 Di lokasi KSM Nasional DKI Jakarta

JUKNIS KSM TAHUN 2022 DOWNLOAD DISINI

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar