--> Skip to main content

Download Panduan Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022

asesmen nasional 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes dimungkinkan mendapatkan paket soal yang berbeda.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut ANBK tahun 2022 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (ANBK KEMENDIKBUD) menggunakan sistem CBT untuk mendapatkan hasil tes yang valid, dan dapat dipertanggungjawabkan.

ANBK tahun 2022 menggunakan dua moda yaitu ANBK semi-online dan full online. Moda ANBK semi-online adalah moda ANBK dimana koneksi internet hanya dibutuhkan ketika melakukan proses sinkronisasi sebelum pelaksanaan, rilis token ketika hari pelaksanaan, dan upload data jawaban peserta asesmen setelah pelaksanaan. Sedangkan akses tes oleh peserta ketika pelaksanaan asesmen tidak memerlukan jaringan internet.

Moda ANBK full online merupakan moda ANBK dimana koneksi internet dibutuhkan oleh proktor dalam melakukan rilis token ketika hari pelaksanaan, Assign All peserta asesmen, dan melakukan approve request login peserta. Untuk peseta tes juga membutuhkan koneksi internet untuk melaksanakan asesmen.

Mekanisme Asesmen Nasional 2022

Mekanisme Pelaksanaan ANBK dengan moda Semi-Online ialah sebagai berikut:

  • Sekolah penyelenggara ANBK harus menyediakan server lokal. Beberapa hari sebelum hari ujian, server lokal melakukan sinkronisasi dengan server pusat (sinkronisasi informasi soal ujian dan informasi peserta). Jadwal sinkronisasi diatur dalam petunjuk pelaksanaan ANBK.
  • Peserta ujian mengakses tes secara offline dari server lokal.
  • Hasil ujian diupload ke server pusat dengan menggunakan akses internet.

Mekanisme Pelaksanaan ANBK dengan moda Full Online ialah sebagai berikut:

  • Satuan pendidikan pelaksana ANBK full online harus menyediakan laptop/PC dari proktor dan peserta
  • Peserta asesmen mengakses secara online

Computer Based Test (CBT)

Computer Based Test adalah tes berbasis komputer yang dikembangkan sebagai web aplikasi. Untuk bisa mengikuti ujian, peserta harus mengakses server CBT, server CBT bisa berarti server CBT lokal atau server CBT pusat, sehingga setiap peserta tes dimungkinkan mendapatkan paket soal yang berbeda.

Sarana dan Prasana

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ANBK adalah sebagai berikut:

asesmen nasional
Apapun pilihan Satuan Pendidikan, semuga semuanya bisa terlaksana dengan lancar dan tampa kendala yang berarti. Mari sukseskan Asesmen Nasional 2022.

>>>>> SEMUGA BERMANFAAT <<<<<

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar