--> Skip to main content

Titik-titik otomatis Daftar isi dengan menggunakan Tabulasi di Word

Titik-titik otomatis Daftar isi dengan menggunakan Tabulasi di Word - Daftar isi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah karya tulis , seperti Buku bacaan,  Makalah atau Skripsi. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari subjudul atau halaman yang ingin dilihat.

Merupakan hal yang tak bisa dipungkiri, ketika kita berhadapan dengan Dokumen panjang/tebal tentunya sangat sulit mengingat halaman berapa Informasi yang sedang kita cari. Maka dari itu penting adanya Daftar isi dalam sebuah Dokumen yang panjang/tebal.

Untuk membuat daftar isi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Namun, terkadang masih ada yang bingung dalam membuat daftar isi dengan cepat dan rapi. Dengan Kondisi tersebut biasanya akan membuat seseorang menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyelesaikan atau merapikan Daftar isi saja, terutama pada bagian titik-titik dalam Daftar isi.

Oleh karena itulah, penting mengetahui cara membuat titik-titik otomatis Daftar isi dengan menggunakan Tabulasi di Word agar tidak membuang-buang waktu dan hasilnya menjadi rapi. Titik-titik pada Daftar isi tersebut menghubungkan subjudul dengan nomor halaman sehingga dengan mudah diketahui halamannya.

Berikut ini merupakan cara membuat titik-titik Daftar isi otomatis menggunakan Tabulasi di Microsoft Word.

  1. Menentukan jenis Tabulasi yang akan kita gunakan yaitu Left Tab dan Right Tab. Caranya, Klik pada bagian kiri atas di lembar kerja sampai menemukan jenis Tabulasi yang kita inginkan. Kemudian klik pada ruler sesuai jarak yang kita inginkan. Tabulasi yang pertama (Laft Tab) merupakan batas tab untuk titik-titik, Tabulasi yang kedua (Right Tab) merupakan batas untuk penulisan nomor halaman.
  2. Klik 2x pada titik Tabulasi maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut. Pilih angka jarak Tabulasi yang pertama, kemudian pada "Leader"nya pilih yang no. 2. sedangkan untuk angka jarak Tabulasi yang kedua biarkan saja di no. 1 (None), selanjutnya klik OK.
  3. Silahkan buat Daftar isi, gunakan tombol Tab pada Keyboard, tekan Tab sebanyak 2 kali, yang pertama untuk membuat titik-titik dan tab yang kedua untuk menulis nomor halaman.
Demikianlah tutorial membuat Titik-titik otomatis Daftar isi dengan menggunakan Tabulasi di Word ini, semuga bisa dijadikan panduan dan membantu para pembaca sekalian. Aamiin...

TONTON VIDEO TUTORIALNYA

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar